Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Toko Tembakau Nusantara Melalui Word Of Mouth

Authors

  • Mukharomah Mukharomah Universitas PGRI Semarang
  • Bayu Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Rita Meiriyanti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59603/ebisman.v1i3.87

Keywords:

Product Quality, Price, Word Of Mouth And Purchasing Decision

Abstract

This study aims to determine the influence of product quality and price on the purchase decision of tobacco products at Nusantara Tobacco Shop through word of mouth. This type of research uses quantitative research methods and the data used in this study is primary data. The population in this study was customers of Toko Tobacco Nusantara, this study used purposive sampling techniques with a saturated sample of 98 respondents. The measurement of this study uses the Likert scale which is then processed with SmartPLS 4.0 program analysis.The results of this study show that product quality affects purchasing decisions with a P-Value value of (0.004), price affects purchasing decisions with a P-Value value of (0.030) and word of mouth affects purchasing decisions with a P-Value value of (0.012). Word of mout is able to mediate product quality against purchasing decisions with a P-Value of (0.039). Word of mout is able to mediate price against purchase decisions with a P-Value of (0.041). Product quality has an influence on word of mouth with a P-Value of (0.000). Price has an influence on word of mouth with a P-Value of (0.000).

References

AM, D. L. L. A. B., & Sari, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian (studi Pada Konsumen Martabak Jayaraga Jalan Terusan Buahbatu Bandung). eProceedings of Management, 3(2).

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.

Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal keuangan danbisnis, 7(3), 227-242.

Harisandi, P., Yahya, A., Risqiani, R., & Purwanto, P. (2023). Peran Harga dan Citra Merek dalam Mediasi Pengaruh E-Word to Mouth terhadap Keputusan Pembelian melalui Aplikasi TikTok. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(2), 277-285.

Indrawijaya, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan konsumen dalam pembelian roti manis pada industri kecil dikabupaten sarolangun. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 1(3), 193 208.

Kotler, Amstrong.2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Globlal Edition. England. Pearson Education Limit

Kotler, P., Keller, K. L., Koshy, A., & Jha, M. (2013). Marketing management: a South Asian perspectives.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O.(2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Nurjanah, R. L., & Mashariono, M. (2017). Pengaruh Produk dan Harga terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).

Purba, A. R. P. (2023). PENGARUH PRODUK DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang). Pembelian Konsumen. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 150-160.

Putra, D. E., & Purbawati, D. (2019). Pengaruh harga, kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen loffle pop up dessert). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 242-250.

Sari, Kiki Kurnia. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan Word of Mouth sebagai Mediasi (Studi Kasus pada Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio pada PT Mataram Sakti di Kabupaten Semarang).(Skripsi Online) Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. 2018. Populasi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi.

Umaternate, M. M., Tumbuan, W. J. A., & Taroreh, R. (2014). Promosi, harga dan inovasi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepatu futsal nike di took akbar ali sport manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Mukharomah Mukharomah, Bayu Kurniawan, & Rita Meiriyanti. (2023). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Toko Tembakau Nusantara Melalui Word Of Mouth. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(3), 71–85. https://doi.org/10.59603/ebisman.v1i3.87