Pengaruh Sales Growth Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2022

Authors

  • Novita Parasian Manurung Universitas Negeri Medan
  • Diana Hasyim Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.411

Keywords:

Sales Growth, Liquidity, Profitability, and Firm Value

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of sales growth and liquidity on firm value with profitability as an intervening variable. The research population consists of 91 companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2019-2022. The sampling technique used is purposive sampling, resulting in a sample of 47 companies for this study. The analysis technique employed is panel data analysis using Eviews12 software. The results of the research indicate that: 1) Sales growth has a positive and significant effect on profitability. 2) Sales growth has a negative and significant effect on firm value. 3) Liquidity has a positive and significant effect on profitability. 4) Liquidity has a negative and significant effect on firm value. 5) Profitability has a positive and significant effect on firm value, and 6) Profitability can mediate the effect of sales growth and liquidity on firm value.

References

Ardiana, E., & Chabachib, M. (2018). Analisis pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI pada Tahun 2012-2016). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 161-174.

Astuti, D. P. (2023). Pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (Studi empiris perusahaan sub sektor perdagangan eceran periode 2017-2021). Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen), 16(2), 239-254.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Dasar-dasar manajemen keuangan. Cengage Learning.

Dolontelide, C. M., & Wangkar, A. (2019). Pengaruh sales growth dan firm size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS. 26 Edisi 10.

Hidayat, W. W. (2018). Pengaruh profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap penghindaran pajak. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 19-26.

Iman, C., Sari, F. N., & Pujiati, N. (2021). Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Perspektif, 19(2), 191-198.

Kasmir. (2019). Analisis laporan keuangan (Edisi pertama, cetakan kedua belas). PT Raja Grafindo Persada.

Lase, A. Z., Jubi, J., Susanti, E., & Putri, D. E. (2019). Pengaruh likuiditas, aktivitas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor kabel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 56-63.

Lestari, P. (2020). Pengaruh likuiditas, DER, firm size, dan asset turnover terhadap kinerja keuangan. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 1-10.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh modal kerja, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan likuiditas terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010–2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 41-59.

Napitupulu, R. B., et al. (2021). Penelitian bisnis: Teknik dan analisis data dengan SPSS-STATA-EVIEWS.

Santoso, B. A., & Budiarti, A. (2020). Profitabilitas sebagai mediasi pertumbuhan penjualan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 45-57.

Saputri, C. K., & Giovanni, A. (2021). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Competence: Journal of Management Studies, 15(1), 90-108.

Sudiani, N. K. A., & Darmayanti, N. P. A. (2016). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan, dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Sukadana, I. K. A., & Triaryati, N. (2018). Pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan food and beverage BEI (Doctoral dissertation, Udayana University).

Yudha, A. M. Y., Putra, R. B., & Fitri, H. (2022). Analisis pengaruh likuiditas, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(12), 1567-1576.

Yulimtinan, Z., & Atiningsih, S. (2021). Leverage ukuran perusahaan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(1), 69-82.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Novita Parasian Manurung, & Diana Hasyim. (2024). Pengaruh Sales Growth Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2022. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 110–132. https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.411

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.