PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI DESA NITA

Authors

  • Elisabeth Florensia Anjeli Universitas Nusa Nipa
  • Maria Nona Dince Universitas Nusa Nipa
  • Yustina Olivia Dasilva Universitas Nusa Nipa

Keywords:

Pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, motivasi kerja

Abstract

This research aimed to determine whether accounting knowledge, business experience, and work motivation influence the perception of using accounting information among MSMEs actors in Nita Village. The method used was a quantitative method. The population in this research consisted of all MSMEs actors in Nita Village, totalling 80 people. The sample used in this research was determined by Slovin's formula with a 10% margin of enor, resulting in a sample size of 44 people. The sampling technique used in this research was Simple Random Sampling. The data used in this research were quantitative data obtained through respondents completing questionnaires using a Likert seale. Data processing in this research used the SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) program, version 2025. The research results showed that accounting knowledge influences the perception of using accounting information among MSMEs actors in Nita Village, as indicated by a t-statistic value of 2.789, which was greater than the t-table value of 2.021, or 2.789 > 2.021. Business experience did not influence the perception of using accounting information among MSMEs actors in Nita Village, as indicated by a t-statistic value of 0.101, which was smaller than the t-table value of 0.920, or 0.101 <0.920. Work motivation did not influence the perception of using accounting information among MSMEs actors in Nita Village, as indicated by a t-statistic value of 2.318, which was greater than the t-table value of 0.021. or 2.318>0.021.

 

References

Abduh, T., & Mamma, B. B. (2017). Pengaruh Dukungan Distributor Adaptasi Harga dan Strategi Internasionalisasi Terhadap Kinerja Ekspor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) dalam Situasi Turbulensi Pasar di Kota Makassar. Economics Bosowa, 3(8), 66-78.

ALLO, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Pengalaman Usaha dan Motivasi Kerja Terhadap Presepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di kota Makasar . Dotoral dissertation, Universitas Bosowa.

Andriyan, Y., Halim, M., & Syahfrudin, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha dan Motivasi Kerja Terhadap Presepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM Di Boyolali. Journal of Chemical Inormating and odeling , 53(9), 1689-1699.

Apriani, S. &. (2023). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Motivasi Kerja dan Pengalaman Usaha Terhadap proses pengambilan Pada Pelaku UMKM Pabrik Tahu di Kecamatan Gondong . Economics and Digital Busiess Review, 4(2) 329-337.

Astiani. (2018). Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah Tentang Akuntansi Pengetahuan Akuntansi dan Skala Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal Fakultas Akuntansi.

Dince, M. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( Studi Pada UMKM di Kecamatan Alok Kabupaten Sikka. Jurnal Akuntansi.

Ghozali, (2016). Desain Penelitian Kuantitatif Kualitatif Untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu sosial lainnya. Semarang : Yoga Pratama. 93-147.

Ghozali, (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas. Semarang : Diponegoro. 43-163.

Hastuti, C. S. F., Ariani, D., Darmayanti, C., & Putri, C. W. A. (2024). Pengaruh Persepsi Dan Pemahaman Tentang Laporan Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pelaku UMKM. Akbis: Media Riset Akuntansi dan Bisnis, 8(2), 72-78.

Jamil, S., Hidayat, D., & Hidayatulmunashiroh, H. (2022, August). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha dan Motivasi Kerja terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Pekanbaru. In Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 1, No. 1, pp. 454-467).

Juhanam, J. S. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA, TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DENGAN AKTIVITAS LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL (UMK) DI KABUPATEN SUKABUMI. KARIMAH TAUHID, 2(4), 909-929.

Lestanti, D. (2015). Pengaruh pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, dan motivasi kerja terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Boyolali. Yogyakarta: Skripsi. Universitas negeri Yogyakarta.

Lestari, N. &. (2019). Pengaruh Presepsi Owner dan Pengetahuan Akuntansi Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Pamulang. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship , 1(2), 67-80.

Lia Dwi Martika, E. N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 1(01), 29-35.

Novita Tasik Allo. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja, Pengalaman Usaha dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Presepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Kota Makasar.

Safitri, A. T. (2023). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Pengalaman Usaha dan Motivasi Kerja Terhadap Presepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM Pengrajin Cor Kuningan di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Doctoral dissertation, STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Elisabeth Florensia Anjeli, Maria Nona Dince, & Yustina Olivia Dasilva. (2025). PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI DESA NITA. Jurnal Projemen UNIPA, 12(3), 466–478. Retrieved from https://ejournal-nipamof.id/index.php/Projemen/article/view/1085

Most read articles by the same author(s)