Program Edupreneurship untuk Pengembangan Potensi Ekonomi di Pedesaan: Peran Dosen dalam Pelatihan dan Mentoring di Desa Junjangan Kecamatan Batang Tuaka Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.59603/jpmnt.v3i2.804Keywords:
Edupreneurship, Lecturer, Rural EconomyAbstract
The edupreneurship program is an innovative solution to address the economic challenges in rural areas caused by limited access to entrepreneurship education and training. This article highlights the role of lecturers in supporting the development of local economic potential through training and mentoring in Junjangan Village, Batang Tuaka District, Riau Province. Lecturers not only provide training materials but also actively act as mentors in guiding the community to develop relevant and sustainable business ideas. The program has successfully enhanced entrepreneurial skills, created new businesses, and promoted overall rural economic growth.
References
Arifin, Z., & Nuraini, L. (2022). **Pengembangan Kewirausahaan di Pedesaan: Pendekatan Edupreneurship dan Peran Akademisi**. *Jurnal Pengembangan Masyarakat*, 10(2), 123-135.
Hakim, A., & Sari, M. (2021). **Inovasi Edupreneurship sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Lokal di Pedesaan**. *Jurnal Kewirausahaan dan Inovasi*, 7(1), 45-56.
Rahman, F., & Nugroho, A. (2020). **Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pedesaan Melalui Edupreneurship**. *Jurnal Ekonomi dan Bisnis*, 15(3), 210-220.
Santoso, B., & Widodo, T. (2019). **Strategi Pengembangan Edupreneurship untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Desa**. *Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan*, 8(2), 89-102.
Susanti, D., & Pratama, R. (2018). **Edupreneurship sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan di Pedesaan**. *Jurnal Pemberdayaan Masyarakat*, 5(1), 67-81.
Wijaya, H., & Saputra, D. (2022). **Peran Edupreneurship dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pedesaan**. *Jurnal Ekonomi dan Pembangunan*, 17(2), 156-168.
Nugroho, Y., & Suyadi, M. (2020). **Pelatihan Kewirausahaan untuk Masyarakat Desa: Peran Aktif Akademisi dalam Program Edupreneurship**. *Jurnal Pemberdayaan Desa*, 12(3), 221-234.
Suryadi, A., & Wicaksono, M. (2021). **Implementasi Program Edupreneurship di Desa-Desa Tertinggal**. *Jurnal Sosial dan Pendidikan*, 6(4), 98-111.
Subekti, T., & Ardiansyah, M. (2019). **Edupreneurship sebagai Alat untuk Mengatasi Pengangguran di Pedesaan**. *Jurnal Kewirausahaan dan Pengembangan Usaha Kecil*, 9(2), 144-157.
Fauzi, R., & Hartono, A. (2021). **Pengembangan Edupreneurship di Pedesaan: Studi Kasus di Jawa Tengah**. *Jurnal Ekonomi Pedesaan*, 3(1), 50-65
Prasetyo, E., & Maharani, S. (2020). **Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Edupreneurship**. *Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan*, 4(3), 88-101.
Sari, I., & Yulianto, H. (2018). **Inovasi Edupreneurship dan Dampaknya terhadap Ekonomi Lokal**. *Jurnal Inovasi Bisnis dan Ekonomi*, 6(2), 132-145.
Ramadhan, A., & Putra, B. (2019). **Keterlibatan Akademisi dalam Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Edupreneurship**. *Jurnal Manajemen Desa*, 5(1), 75-88.
Yuliana, D., & Santoso, K. (2021). **Peran Edupreneurship dalam Mengatasi Ketimpangan Ekonomi di Pedesaan**. *Jurnal Sosial Ekonomi dan Bisnis*, 11(2), 182-195.
Handoko, E., & Utomo, T. (2022). **Model Edupreneurship untuk Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan di Pedesaan**. *Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan*, 8(1), 99-113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Nian Tana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.