Pengaruh Beban Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Aparatur Desa di Kecamatan Nita Kabupaten Sikka (Studi Kasus Pada Desa Nita, Desa Nitakloang, Desa Tebuk dan Desa Lusitada)

Authors

  • Ana Nita Dua Nurak UNIPA
  • Imanuel Wellem UNIPA
  • Kristiana Reinildis Aek UNIPA

Keywords:

Beban Kerja, Pengembangan Karir, Kinerja Aparatur

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum maksimalnya kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Kecamatan Nita. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kinerja aparatur, beban kerja, dan pengembangan karir pada Desa di Kecamatan Nita Kabupaten Sikka; (2) menganalisis pengaruh beban kerja dan pengembangan karir terhadap kinerja aparatur Desa di Kecamatan Nita Kabupaten Sikka baik secara parsial maupun secara simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah Aparatur Pemerintah Desa di Kecamatan Nita berjumlah 36 orang. Karena populasinya terbatas, maka penelitian ini dilakukan secara sensus atau sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui quisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t  dan Uji F.

Hasil  analisis  deskriptif menunjukan bahwa variabel kinerja Aparatur, Beban Kerja dan Pengembangan Karir dikategorikan baik. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Beban Kerja dan Pengembangan Karir berpengaru signifikan terhadap kinerja Aparatur. Hasil statistik uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Beban Kerja dan Pengembangan Karir secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Aparatur. Hasil analisis determinasi menujukan kedua variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan terhadap variasi naik turunnya kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Kecamatan Nita  sebesar 35,0%.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Ana Nita Dua Nurak, Imanuel Wellem, & Kristiana Reinildis Aek. (2023). Pengaruh Beban Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Aparatur Desa di Kecamatan Nita Kabupaten Sikka (Studi Kasus Pada Desa Nita, Desa Nitakloang, Desa Tebuk dan Desa Lusitada). Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 1(4). Retrieved from https://ejournal-nipamof.id/index.php/NianTanaSikka/article/view/187

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)