Pengaruh Beban Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Perawat di Ruangan Operasi Dan Ruangan Dahlia RSUD dr.T.C. Hillers Maumere

Authors

  • Maria Karmelia Wanti Sedhi UNIPA
  • Maria Silvana Mariabel Carcia UNIPA
  • Yosef Tonce UNIPA

Keywords:

Beban Kerja, Komunikasi, Kinerja Perawat

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum maksimalnya kinerja perawat di ruangan operasi RSUD dr. T.C. Hillers Maumere. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kinerja perawat, beban kerja, dan komunikasi; (2) menganalisis pengaruh beban kerja dan komunikasi terhadap kinerja perawat baik secara parsial maupun secara simultan. 

Populasi dalam penelitian ini adalah Perawat RSUD dr.T.C. Hillers Maumere, berjumlah 30 orang. Karena populasinya terbatas, maka penelitian ini dilakukan secara sensus atau sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui quisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji F  dan Uji t.

Hasil  analisis  deskriptif menunjukan bahwa variabel kinerja perawat, beban kerja dan komunikasi dikategorikan cukup baik. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel keterampilan kerja dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat. Hasil statistik uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel beban kerja dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat. Hasil analisis determinasi menujukan kedua variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan terhadap variasi naik turunnya kinerja perawat RSUD dr.T.C. Hillers Maumere  sebesar 44,8%.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Maria Karmelia Wanti Sedhi, Maria Silvana Mariabel Carcia, & Yosef Tonce. (2023). Pengaruh Beban Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Perawat di Ruangan Operasi Dan Ruangan Dahlia RSUD dr.T.C. Hillers Maumere. Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 1(5). Retrieved from https://ejournal-nipamof.id/index.php/NianTanaSikka/article/view/178

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.