Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Sub Sektor Wadah dan Kemasan Yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021)
DOI:
https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v1i6.136Keywords:
Sales Growth, Company Growth, Company Size, Company Value.Abstract
This research aims to determine the effect of sales growth, company growth and company size on the value of companies in the container and packaging sub-sector listed on the IDX in 2019-2021. The purposive sampling technique used resulted in a sample of 7 companies with observations of 84 companies' quarterly financial reports.
The type of data used is secondary data obtained through the official IDX website. The analysis tool used is panel data regression with the help of the eviews application. The research results show that partially sales growth, company growth and company size do not have a significant effect on company value. Simultaneously, sales growth, company growth and company size have a significant effect on company value.
References
Brigham, Eugene. F. dan Houston, Joel. F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, Ida. A.P.T. dan Sujana, I.K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 26(1). Hlm. 85-110. Available at: https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p04.
Dewi, Weni. C., Siregar, Muhammad. Y., dan Tarigan, Eka. D.S. (2020). Pengaruh Likuiditas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI). 1(2). Hlm. 106–111. Available at: https://doi.org/10.31289/jimbi.v1i2.406.
Elisa, Siti. N. and Amanah, Lailatul. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 10(7). Hlm. 312–328. Available at: http://www.yinglisolar.com/us/about/sustainability/.
Faizra, Yulia. L. et al. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Dan Ukuran Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis. 22(2). Hlm. 176–188.
Fajriah, A.L., Idris, A. Dan Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 7(1). Hlm. 1–12. Available At: Https://Doi.Org/10.38043/Jimb.V7i1.3218.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.
Harahap, Sofyan S. (2011). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Humaida, Nisrina P. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi. 11(8). Hlm. 1–16.
Jannah, Firda. R. (2022). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(2).
Kasmir (2019). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada, Depok.
Kusumawardhani, A.P. (2021). Pengaruh Earning Per Share Dan Price Earning Ratio Terhadap Price Book Value Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Indeks Idx 30 Tahun 2015-2020. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. 8(2). Hlm. 131–137.
Lacrima, Selma. A. dan Ardini, Lilis. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi. 10(11). Hlm. 1–17.
Nadhiroh, Umi. et al. (2022). Modul Praktikum Olah Data Statistik Program Studi Manajemen. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri-Kediri.
Priadana, Sidik. dan Sunarsi, Denok. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Prihadi, Toto. (2010). Analisis Laporan Keuangan Teori Dan Aplikasi. Edisi 1. Jakarta: PPM Manajemen.
Ramdhonah, Zahra., Solikin, Ikin., dan Sari, Maya. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan. 7(1). Hlm. 360–372. Available at: https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2280.
Rosalia, Jayanti., Utami, Wikan. B., dan Pratiwi, Desy. N. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Sales Growth, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Pajak. 22(2). Hlm. 988–995.
Sudana, I.M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Edisi 2. Erlangga.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatis Dan R&D. Edisi 2. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Edisi 2. Yogyakarta: Ekonisia.
Winarno, Wing. W. (2017). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews. Edisi 5. Yogyakarta: STIM YKPN.
Yuniastri, Ni. P.A., Endiana, I.D.M., dan Kumalasari, Putu. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Keputusan Investasi, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. KARMA: Karya Riset Mahasiswa Akuntansi. 1(1). Hlm. 69–79.