Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Towangsan Gantiwarno Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Retno Isnawati Universitas Widya Dharma Klaten
  • Bayu Purbha Sakti Universitas Widya Dharma Klaten
  • Sri Suwartini Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v2i5.476

Keywords:

Quantitative research, learning motivation, learning discipline

Abstract

This research is based on the problem of students who are not disciplined in learning in the classroom due to low motivation to learn, students are lazy to do the assignments given by the teacher, students do not pay attention to the teacher during the learning process, and students play during the learning process. The purpose of this study is to describe  the influence of motivation on the learning discipline of grade II students at SD 1 Towangsan Gantiwarno, Klaten Regency for the 2023/2024 Academic Year. This type of research is quantitative. Data collection techniques use questionnaires, and documentation. This study took all members of the second grade population of SDN 1 Towangsan which amounted to 13 students. The analysis technique uses a simple linearity test and determination test. The results of the study using descriptive analysis showed that learning motivation was in the high category with a frequency of 9 respondents (69), medium category with a frequency of 3 respondents (23%), while in the low category with a frequency of 1 respondent (8%). Sedangkan kedisiplinan belajar pada kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 4 responden (40)%, kategori sedang dengan frekuensi sedang sebnyak 3 responden (30%), sedangkan dalam kategori rendah dengan frekuensi sebanyak 3 responden (30%).

References

Alen Febri Y (2022), Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ssiswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Negeri 13 Bengkulu Selatan. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Andini Putri Septirahmah and Muhammad Rizkha Hilmawan (2021), Faktor-Faktor Internal yang Mempengaruhi Kedisiplinan: Pembawaan, Kesadaran, Minat dan Motivasi, Serta Pola Pikir, Vol. 2 Issue 2, E-ISSN: 2716-375X, P-ISSN: 2716-3768, 2021, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS). hal. 621.

Anita Sari (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal of Educational Research, Vol. 2, No. 1 P-ISSN: 2962-7664, E-ISSN: 2962-1453 Journal Homepage: https://journal.centrism.or.id/index.php/jer

Anzelena et al., 2019. “Faktor Penyebab Indisipliner Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12 (2) : 123 – 132. p-ISSN 1693-8577 e-ISSN 2599-0691

Arianti (2020). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan,Volume 12 No 2. Journal Homepage: file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/181-302-1-SM.pdf

Cahya Clarysya,dkk (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di Sd Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 1. hal 43-52. Journal Homepage: file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/774-Article%20Text-1772-1-10-20200608.pdf

Diah Ristiana (2020). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Sd Negeri Pogading. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No.2. Journal Homepage: file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/_gautama,+2.+Diah+Ristiana+165-172-1.pdf

Eka Dewi Asih, (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMK N 1 Dumai Tahun Ajaran 2020/2021. Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai Vol. 2 No. 1

Fadhilah Suralaga. (2021, hlm. 131-132) . Psikologi Pendidikan Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Febi, 2018. Tim Penyyusun pedoman Skripsi, IAIN Tulungagung. Hal. 30

Ghozali, (Roza Umami (2020)), Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial. Volume 7 Nomor. 1. p-ISSN 2339-2436 e-ISSN 2549-5968

Gumilar Mulya, & Anggi Setia Lengkana (2020). Pengaruh Kepercayaan diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Volume 12 Nomor 2, Juni 2020 e-ISSN: 2657-0703 dan p-ISSN: 2085-5389

Hilda Ainissyfa, dkk (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa.Khazanah Akademia Vol.04; No. 02; 2020; 76-83.

Ichlasul Rizki (2022). Pengaruh Latihan Shooting dengan Metode Beef Terhadap Akurasi Free Throw siswi Ekstrakulikuler Basket SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Sport Science & Education Journal. Volume 3 (2), E-ISSN 2722-1954.

Kelas IV di MIN 4 Medan Barat. Jurnal Pendidikan Tambusa: Volume 7 Nomor 3. Halaman 26050-26057.

Khoirudin Anwar (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia hal.790. ISBN: 978-602-6258-07-6

Lestari, dkk (2020) yang berjudul “Analisis Bentuk Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Goondosuli Gondang”. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Volume 5│Nomor 2│. ISSN 2579-6461 (Online) ISSN 2460-6324 (Print).

Livia Amanda (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika Unand Vol. VIII No. 1 Hal. 179 – 188. Journal Homepage: file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/423-834-2-PB.pdf

Marzuki, Armereo, & Rahayu (2020). G. G. B. Lukar, dkk. Pengaruh Keahlian Kerja, Pengembangan Karir dan Self-Efficacy Terhadap Efektivitas Kerja Perawat pada RSUD Bolaang Mongondow Selatan. ISSN 2303-1174.

Nur Fadilah A (2023). Konsep Umum Populasi dan Ssampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer .Volume 14 , No. 1. p-ISSN: 1978-5119; e-ISSN: 2776-3005

Nur Indah Kususmaningrum (2022). Pengaruh Pekerjaan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas v Sd negeri 3 Glodogan Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Fkip Universitas Widya Dharma Klaten

Nur Risma Khafifah (2020). Meningkatkan Perkembangan Kognitif dengan Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. Pendidikan Fisika, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Indonesia

Puspitasari & Sutriyono, ((Laily Nurmalia (2021)). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. ISSN : 2303-1514 | E-ISSN : 2598-5949.

Putriana Alda,dkk (2023). Penerapan Strategi Everyone Is aTeacher HereuntukMeningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa

Rajeni Sendayu, dkk (2020) yang berjudul “Analisis Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa Di SD Pahlawan”. Universitas Phawan Tuanku Tambusai.

Rike Andriani (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (Learning motivation as determinant student learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 4 No. 1, Januari 2019, Hal. 80-86. Jounal Homepage: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/viewFile/14958/8522

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sdn 55 / I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 127-144

Saragih, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Di Sekolah Dasar, Jurnal JRPP,2(2), 213 – 220

Siti Suwaibatul Aslamiyah, (2020). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa. Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol.3 No.2 Juli

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alphabet.

Sunarti Rahman (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Gorontalo ISBN 978-623-98648-2-8 | 289. Journal Homepage: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1076/773

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan : Implikasi Dalam Pembelajaran (1st Ed., Vol. 1). Pt Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang No 20 tahun 2013 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1

Usmadi (2020). Pengujian Persyaratan Analisi (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan Vol. 7. No 1. Journal Homepage: https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/viewFile/2281/1798

Wahidin, (2019). “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar Vol 3 No 1,April 2019,. E ISSN : 2550-0619

Published

2024-08-01

How to Cite

Retno Isnawati, Bayu Purbha Sakti, & Sri Suwartini. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Towangsan Gantiwarno Tahun Pelajaran 2023/2024. Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 2(5), 01–11. https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v2i5.476

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.