Mengasah Kecakapan Berwirausaha : Strategi dan Keterampilan yang Diperlukan untuk Sukses

Authors

  • Agustinus Tandi la’bi’ Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Lisa Sababalat Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v3i1.600

Keywords:

Competence, Entrepreneurship, Strategy, Skills, Success

Abstract

This article discusses the importance of honing entrepreneurial skills as the main key to achieving success in an increasingly competitive business world. Entrepreneurial skills include various aspects involving technical and non-technical skills that can support business development, such as creativity, time management, leadership, and decision-making skills. This article also identifies several strategies that aspiring entrepreneurs need to implement to increase their chances of success, including careful business planning, the ability to adapt to market changes, and the use of technology and innovation. Apart from that, the importance of interpersonal skills and a wide network in building business relationships was also discussed. By mastering the right skills and implementing effective strategies, it is hoped that entrepreneurs can overcome challenges and achieve sustainable success in the business world.

References

Aksaragama. (2020, October 27). 7 keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang wirausaha. Retrieved from https://aksaragama.com/7-keterampilan-dasar-yang-harus-dimiliki-seorang-wirausaha/

An-Nur.ac.id. (2024, January 26). Peran kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi: Peluang dan tantangan. Retrieved from https://an-nur.ac.id/esy/peran-kewirausahaan-dalam-pembangunan-ekonomi-peluang-dan-tantangan.html

Arifin, M. (2013). Kemampuan interpersonal skills mahasiswa program studi pendidikan tata niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1(3), 1–16.

Candra, G. R., & Darmastuti, R. (2018). Strategi komunikasi pengusaha rotan dalam rangka membangkitkan industri rotan di daerah Trangsan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(September), 188–194.

Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534

Hasibuan, I. K., et al. (n.d.). Pengembangan keterampilan kewirausahaan pada remaja muda. Journal of Islamic Economics, Management and Business, 2.

Kasman, K., Utami, A. R., & Hamdanur, P. (2024). Edukasi wirausaha dan membangun usaha kecil. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 7(1), 35–41.

Kompas.com. (2021, January 5). Pengertian kewirausahaan dan ciri-cirinya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/05/192551369/pengertian-kewirausahaan-dan-ciri-cirinya

Kompas.com. (2023, September 5). Apa itu wirausaha: Pengertian, tujuan, karakteristik, dan contohnya. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2023/09/05/140056826/apa-itu-wirausaha-pengertian-tujuan-karakteristik-dan-contohnya

Muksin, A., Mulya, F. D., & Hadari, I. R. (n.d.). Pengetahuan dan keterampilan wirausaha sebagai kunci sukses bisnis kuliner. IKRAITH-Ekonomika, 6(3).

Nurhayani, Y. B., Putri, K. M. F., & Kartika, A. (n.d.). Peran modal kemauan, keterampilan, & pengetahuan dalam kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1).

Proxsis Group. (2023, December 9). Transformasi digital: Mengintegrasikan teknologi ke dalam strategi bisnis. Retrieved from https://strategy.proxsisgroup.com/insight/transformasi-digital-mengintegrasikan-teknologi-ke-dalam-strategi-bisnis/

Proxsis Group. (2024, March 6). Strategi bisnis digital: Transformasi perusahaan dalam era digital. Retrieved from https://strategy.proxsisgroup.com/insight/strategi-bisnis-digital-transformasi-perusahaan-dalam-era-digital

Questionai.id. Pengertian wirausaha menurut istilah menurut orang? Karakteristik. Retrieved from https://www.questionai.id/questions-tgMEpDOYzu0q/pengertian-wirausaha-menurut-istilah-menurof

Rahma, A. (2018). Event sebagai salah satu bentuk strategi komunikasi pemasaran produk fashion nasional (Event tahunan Jakcloth). Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 149–169. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.480

Ramadhan, F. S. (n.d.). Pengertian wirausaha dan karakteristik wirausaha. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(1).

Ramlan, P., & Nikmat, R. (2019). Pendekatan manajemen strategik dalam meningkatkan minat wirausaha mahasiswa melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PMK-K). Jurnal MODERAT, 5(3), 240–250.

Suprapto, H. A. (2018). Strategi pembelajaran kewirausahaan berbasis teknologi informasi terhadap peningkatan minat mahasiswa menjadi wirausaha. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 61–73.

Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur melalui praktik bisnis gila marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101. https://doi.org/10.21067/jrma.v10i1.6814

Utami, B. A., & Kurnia, (2021). Komunikasi bisnis melalui social media trust guna meningkatkan customer engagement pada Pixy Cosmetic. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 46–53. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.116

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Agustinus Tandi la’bi’, & Lisa Sababalat. (2024). Mengasah Kecakapan Berwirausaha : Strategi dan Keterampilan yang Diperlukan untuk Sukses . Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 3(1), 71–81. https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v3i1.600

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.