Pengaruh Harga dan E-WOM Electronic Word Of Mouth Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific

Authors

  • Indira Safitri Universitas Bina Sarana Informatika
  • Natal Indra Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.449

Keywords:

Price, E-WOM (Electronic Word of Mouth), Buying Interest

Abstract

 This study aims to find out how much price and E-WOM (Electronic Word of Mouth) influence through TikTok social media on the buying interest of Skintific skincare products. This study uses a quantitative method with the population of skincare users in the area around the research conducted. The sample was taken using the Lemeshow formula, so that the number of samples obtained by 100 respondents with the purposive sampling technique used three criteria collected through a questionnaire in the Likert scale unit. Data processing uses SPSS version 26 software for data quality tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, hypothesis tests, and determination coefficient tests. The results of the study show that price and E-WOM (electronic word of mouth) through TikTok social media have a positive and significant effect on the buying interest of Skintific skincare products both partially and simultaneously.

References

Ardiansyah, I., Fitriyani, E., & Ahmad, F. (2021). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PRAMUGRAHA DI HARRIS HOTEL & CONVENTIONS KELAPA GADING. Jurnal Inovasi Penelitian, 1. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/490/417

Hotimah, H. (2023). Pengaruh Online Costumer Review, Online Costumer Rating, Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tidar). 1–104.

Jusmansyah, M. (2020). ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2).

Kintradinata, L. L., & Hidayah, R. T. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Beli Pada Produk Skintific. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 10(2).

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Deepublish.

Permadi, F., & Suryadi, N. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Kepercayaan (Studi pada Pengunjung Situs Tokopedia.com). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/5948/5234

Prihartini, D., & Damastuti, R. (2022). Pengaruh e-WOM terhadap Minat Beli Skincare Lokal pada Followers Twitter @ohmybeautybank. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.37715/calathu.v4i1.2724

Putri Diana, Salim Agus, & Athia Ita. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 2361–2370.

Robby Gunawan. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Masa Covid-19 Pada Konsumen Umkm Ikan Lele Di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 3(0), 94.

Safitri, J., & Khasanah, A. U. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image, Kualitas Produk, Dan Digital Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Nadiraa Hijab. AJIE. https://doi.org/10.20885/ajie.vol7.iss1.art2

Santi, D. (2022). PENGARUH E-WOM, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINTIFIC ( Studi Kasus pada Masyarakat Magelang ). Universitas Tidar Magelang.

Tondok, W. S., Kalangi, J. B., & Rompas, W. F. I. (2023). Pengaruh Angkatan Kerja Dan Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Tana Toraja Tahun 2011-2021. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 23(5).

Tsaniya, R., & Telagawathi, N. L. W. S. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI KEDAI KOPI NAU KECAMATAN SERIRIT. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(1). https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.34390

Wjaya, G. P., & Yulita, H. (2022). Pengaruh Konten Marketing, E-WoM, dan Citra Merek di Media Sosial Tiktok terhadap Minat Beli Kosmetik Mother of Pearl. Journal of Business & Applied Management, 15(2). https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3772

Zubaidah, Z. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KOSMETIK WARDAH PADA GERAI KOSMETIK CAREEFOUR PALEMBANG SQUARE DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Manajemen, 8(4). https://doi.org/10.36546/jm.v8i4.339

Published

2024-07-30

How to Cite

Indira Safitri, & Natal Indra. (2024). Pengaruh Harga dan E-WOM Electronic Word Of Mouth Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 193–206. https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.449