Pengaruh Kompetensi Akuntansi dan Keterampilan Mengoperasikan Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa di SMK St. Gabriel Maumere

Authors

  • Christiani Dimarcia Sri Maharani Universitas Nusa Nipa
  • Wilhelmina Mitan Universitas Nusa Nipa
  • Emilianus Eo K. Goo Universitas Nusa Nipa

Keywords:

Accounting Competence, Computer Operating Skills, MYOB Accounting Computer Learning Outcomes

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of accounting competence and computer operating skills on the learning outcomes of MYOB accounting computer subjects among students of SMK St. Gabriel Maumere. This research is a quantitative study using an associative strategy approach, in which the sampling technique applied is purposive sampling with a total sample of 59 respondents. The research data were collected by distributing questionnaires to the respondents. Data analysis was conducted using multiple linear regression analysis with the assistance of the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Statistics 25 software. The results of this study indicate that, partially, accounting competence has a significant effect on the learning outcomes of MYOB accounting computer subjects, and computer operating skills also have a significant effect on these learning outcomes among students of SMK St. Gabriel Maumere. Meanwhile, simultaneously, accounting competence and computer operating skills together have a significant effect on the learning outcomes of MYOB accounting computer subjects among students of SMK St. Gabriel Maumere.

References

Ahmadi, Abu, & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Elsa, Meirina. 2020.Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dasar Dan Keahlian Pengoperasian Komputer Terhadap KeahlianKomputer Akuntansi.

Fajarwati, T., & Listiadi, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris Dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(2), 126–130.

Iqromi, M Andry & Baysha, M Husein (2018). Pengaruh Media Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa:Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 3, No.1.

Maulidah, H. (2012). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Dalam Akuntansi, Dasar Komputer dan Akuntansi Dasar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Komputer Akuntansi Myob Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Tegal tahun Angkatan 2010/2011. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Ngafifa, Fitri (2017). Pengaruh kompetensi akuntansi Dan komputer terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi myob dengan computer Attitude Sebagai Variabel Intervening Padasiswa Kelas Xi Akuntansi Smkbatik Sakti 1 Kebumen. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rahmah, Lailatur & Rochmati. (2023) Pengaruh Fasilitas Laboratorium Akuntansi, Pemahaman Pengantar Akuntansi, Pengetahuan Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Dengan Intensitas Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi,(Online), Vol. 6,No.2 (diakses 14 juli 2024)

Rahmawati, D. Putri. 2020. Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer Akuntansi, Keahlian Pemakaian Komputer Dan Keefektifan Proses Pembelajaran Pengantar Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI Program Akuntansi Dan Keuangan Di SMK Negeri 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, (Online), Vol. 7, No. 01, (diakses 12 juni 2024).

Ramadhini, Fiki. (2022). Pemahaman Dasar Akuntansi, Kemampuan Teknologi, dan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi terhadap Prestasi Belajar MYOB. WAHANA: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 25(1), 113–123.

Rifai, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT.UNNES.

Rohmah, Dina Destya & Susilowibowo, Joni. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Perusahaan Dagang dan Computer Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Computer Knowledge Sebagai variabel Moderasi: Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 8, No. 3.

Sartika, R. D. Ayu. (2020) Kemampuan Akuntansi Perusahaan Dagang, Kemampuan Bahasa Inggris, Dan Pemanfaatan Fasilitas Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi.

Setiyaningsi, Dewi. (2023). Pengaruh Pemahaman Pengantar Akuntansi, Locus Of Cont Rol Dan Computer Anxiety Terhadap Belajar MYOB (Mind Your Own Business) Accounting. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5, 142–190.

Soo, Maria Linerdis., Mitan, Wihelmina & Kurniawan, Antonius Philipus. (2023). Pengaruh Aspek Keperilakuan Terhadap Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada Perumda Air Minum Wair Pu’an Kabupaten Sikka):Accounting UNIPA-Jurnal Akuntansi 2 (2).

Swasono, Heru. (2020) Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Dalam Akuntansi, Pengantar Aplikasi Komputer, Dan Pengantar Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi MYOB. DUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2870–2878.

Syamsiar, M.A. Ratna. (2022) Pengaruh Akuntansi Perusahaan Dagang, Kosakata Bahasa Inggris, Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi (MYOB) Kelas XII. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 75–84.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2013 pasal 15.

Wisman, Yossita (2020). Teori Belajar Kognitif dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran:Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, Vol. 11, No. 1.

Yanto, H. (2020). Determinan Prestasi Belajar Komputer Akuntansi MYOB dengan Dasar Akuntansi sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 9 (1), 200–214.

Yuliana. (2021). Pengaruh Pemahaman Siklus Akuntansi, Computer Attitude, Intensitas Latihan Soal dan E-Learning terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 8, 540–547.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Maharani, C. D. S., Mitan, W., & Goo, E. E. K. (2025). Pengaruh Kompetensi Akuntansi dan Keterampilan Mengoperasikan Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa di SMK St. Gabriel Maumere. Jurnal Projemen UNIPA, 12(3), 659–673. Retrieved from https://ejournal-nipamof.id/index.php/Projemen/article/view/1123

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.