Analisis Keputusan Penumpang Dalam Menggunakan Kapal KM. Egon (Studi pada PT. Pelni Cabang Surabaya)

Authors

  • Gembong Satri Negara Universitas Maritim AMNI
  • Iwan Weda Universitas Maritim AMNI

DOI:

https://doi.org/10.59603/masman.v1i4.345

Keywords:

service quality, image, safety assurance

Abstract

Passenger ship is a moving interior space media, where the interior space formed in it should be able to support the needs of its passengers during their trip. Passenger decisions in choosing a ship are influenced by various factors, including service quality, company image, and safety assurance. This study aims to determine the effect of service quality, company image, and safety assurance on passenger decisions in using the KM. Egon. This study uses data collection methods carried out by questionnaires as many as 93 respondents of KM passengers. Egon and the data was analyzed by multiple linear regression. The results showed that service quality, company image, and safety assurance had an effect on passenger decisions in using the KM. Egon.

References

Ardianti, Novia, and Widayanto Widayanto. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Penumpang Kapal PT. Pelni Semarang melalui Keputusan Penggunaan (Studi pada Penumpang KM. Egon Pelni Semarang-Kumai)/64/adbis/2021. Diss. Faculty of Social and Political Science, 2021.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hadju, Hendri Zulfikar, and Sonang Sitohang. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Transportasi PT. Pelni Surabaya." Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 9.8 (2020).

Kotler dan keller.(2016). Pengertian Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar). https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/558757- perilaku konsumen-suatu-pengantar-485b4d3d.pdf

Liou dan Chuang dalam Tjandra dkk (2016). Hal Yang Mempengaruhi Citra Perusahaan.https://digilib.sttkd.ac.id/1770/3/BAB%20II%20SKRIPSI%2 0-%20EFRIAN%20BELIANASA_3.pdf

Mulatsih, Retno, Edi Wahyudi, and Andar Sri Sumantri. "Manajemen Kualitas Pelayanan Transportasi Laut dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Bongkar Muat." Jurnal Organisasi dan Manajemen 14.2 (2018).

Salim,Abbas,A. 2016. Manajemen Transportasi. Jakarta : Rajawali Pers

Nugraha, Wildan, et al. "Pelatihan Safety Management System bagi Pegawai Unit Penyelenggara Bandar Udara Gusti Syamsir Alam Kotabaru." Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan 1.1 (2020).

Peraturan Pemerintah Nomor 20 pasal 61 ayat (3) Tahun 2010 Tentang Angkutan Perairan.

Rilya K,2014. Pengertian Kapal Penumpang. http://repository.stimartamni.ac.id/ 548/1/BAB%20I%20%20pendahuluan.pdf

Sutisna dalam purba (2017). Pengertian Citra Perusahaan. http://repository.stimart-amni.ac.id/147/2/bab%202.pdf

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Taufik, M. R., Mutmainah, N., & Kristanto Tamara, A. (2019). Pengaruh Jadwal Sandar Dan Keberangkatan Kapal Terhadap Kualitas Pelayanan Kapal. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, 5(3), 403- 408.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2010 Tentang Angkutan Di Perairan.

Zulmi dkk 2015. Pengertian Kualitas Pelayanan. http://repository.stimart- amni.ac.id/95/3/BAB%202.pdf

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Gembong Satri Negara, & Iwan Weda. (2023). Analisis Keputusan Penumpang Dalam Menggunakan Kapal KM. Egon (Studi pada PT. Pelni Cabang Surabaya). MASMAN : Master Manajemen, 1(4), 174–190. https://doi.org/10.59603/masman.v1i4.345

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.