Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Shopee
Keywords:
Promotion, Product Quality, Customer LoyaltyAbstract
The purpose of this study was to determine how much influence promotion and product quality have on loyalty at Shopee. The research method used is a quantitative method approach with data collection techniques using purposive sampling with a population of 100 and samples taken using the slovin formula, namely 50 respondents. Data collection using SPSS 25 for instrument testing, multiple regression analysis, hypothesis testing. Based on the results of partial hypothesis testing, it shows that the promotion variable has a significant value of 0.001 T table, namely 1.678, which means that it has a significant value and the T table value has an effect on customer loyalty. And the product quality variable has a significant effect on customer loyalty. Simultaneously, promotion and product quality have a significant effect on customer loyalty. The most dominant variable influencing is product quality.
References
A Karina. (2022a). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kab. Nganjuk.
A Karina. (2022b). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk MS Glow di Kab. Nganjuk.
Agus Purnowo. (2024, April 21). Ingin Tahu Sejarah Shopee?, Apa Sih Kontribusi Shopee Untuk UMKM di Indonesia?, Yuk Simak . Mudanesia.
Ahyawa Aulia Khoirin Nisa. (2023). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee: Sebuah Kajian Konseptual. JURMA: Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 316–324.
AISYAH GUSMIANI. (2022). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Universitas Teuku Umar Meulaboh.
Albert Yansen, & Dita Indrian. (2023). Pengaruh Promosi, Mitra, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Gofood. Hope Economic Journal (MEGA), 1(3), 9–34.
Alce, R. (2021). Pengaruh Potongan Harga, Iklan, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Benchmark, 2(1), 81–93. https://doi.org/10.46821/benchmark.v2i1.224
ANA DWIPUTRI PATING. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE. SEKOLAH TINGGI ILMU BISNIS KUMALA NUSA YOGYAKARTA.
Anisah, G. (2021). PELATIHAN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE UNTUK KELOMPOK PEMUDA WIRAUSAHA DI DESA MULYOAGUNG-BOJONEGORO. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256
Anugrah, R., Tanamal, J., & Nainggolan, E. P. (2020). PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JASA PENGIRIMAN BARANG JNE DI KOTA PALU. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(2), 160–170. https://doi.org/10.22487/jimut.v5i2.149
Christopher, & Budi Prabowo. (2023). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pengguna Yamaha Nmax Pada Komunitas Cangkruk’an Max Surabaya). SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 562–576.
DAOLAN JOSEPH SIREGAR. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GRAPARI TELKOMSEL BINJAI. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN.
DHISMA DAMAYANTI. (2019). CITRA MEREK, KESADARAN MEREK, HARGA SERTA PROMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TEH BOTOL SOSRO DI SURABAYA. SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PERBANAS .
Dotulong, R. T. A., Mandey, S. L., & Dotulong, L. O. H. (2023). Pengaruh Kualitas Poduk Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 538–548. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51330
Dwi Nita Aryani, Hartutik, Desi Derina Yusda, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, & Yanti Setianti. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2438–2441.
Eric Steffen, & Tumpal J.R Sitinjak. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN WARUNK UPNORMAL . Manajemen Pemasar, 10(2), 21–32.
Fahmi Kamal, Widi Winarso, & Wastam Wahyu Hidayat. (2020). PENGARUH ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 32–49. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.352
Hamzah Jalani Aji Syahbarka. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIS SISWA KELAS VII. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU .
Iin Sofiani, & Andi Iwan Nurhidayat. (2019). siRANCANG BANGUN APLIKASI E-MARKETPLACE HASIL PERTANIAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. Jurnal Manajemen Informatika, 10(01), 25–32.
ILHAM HASBULLAH HARAHAP. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RSCH CLOTHING MEDAN. UNIVERSITAS MEDAN AREA.
Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239
Irawan Prabowo. (2023). PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOK TERHADAP KINERJA SRC (SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY). Universitas Islam Indonesia.
JUIMARLIANA. (2018). PENGARUH PENGELOLAAN ASET TETAP TERHADAP QUALITY OF REGIONAL GOVERNMENT FINANCIAL REPORTING DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada SKPD Kabupaten Jeneponto). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.
Khoirunnisa’, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 672–680. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29180
Komara, A. M., Kartini, T., & Gumelar, A. T. (2024). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. TRISNA NAGA ASIH DI KECAMATAN CIJAMBE KABUPATEN SUBANG. The World of Business Administration Journal. https://doi.org/10.37950/wbaj.v5i2.1891
Lira Permata Utami. (2021). ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ONOY CAKE & BAKERY DI KOTA JAMBI. UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
LUTFIATUN NAFIAH. (2019). PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP RETURN ON EQUITY ( ROE) PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2017. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.
Luthfi Maulana Ridwan, Ani Solihat, & Andry Trijumansyah. (2018). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Association Terhadap Purchase Intention Kawasan Kampung Kreatif Dago Pojok. Jurnal Pariwiasta, 69–81.
M. Syarif. (2020). E-Marketplace dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Daerah. M.SYARIF.ID.
Mega Andani, & Netty Nurhayati. (2021). PENGARUH UKURAN PERUSAHAN, FINANCIAL DISTRESS, RESIKO LITIGASI TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI. DINAMIKA EKONOMI, 14(1), 207–222.
MOHAMAD SARIF HIDAYAT. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, KEPERCAYAAN DAN PROMOSI PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH (Studi Kasus Minat Nasabah Pegadaian Syariah Purwokerto). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.
Mora Amalia Rangkuti. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN REPEAT BUYING TERHADAP KOSMETIKA WARDAH (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Pengguna Kosmetika Wardah). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Muhamad Yusuf Alwi, Ryna Parlyna, & Nurdin Hidayat. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Ojek Online X. Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 293–307.
Nadya Mauren Kumendong, Rudy Steven Wenas, & Raymond Ch Kawet. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL, INOVASI PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT. HASJRAT ABADI CABANG MANADO. Jurnal EMBA, 10(4), 1685–1695.
Nafiudin, Andari, Denny Kurnia, & Andini Tia Safitri. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19 . Jurnal Sains Manajemen , 7(2), 155–166.
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139
Nandy. (n.d.). Pendiri Shopee dan Kisah Perjalanan Karirnya. Gramedia Blog.
NIKEN AYUNINGTYAS. (2021). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, UKURAN USAHA, DAN PEMAHAMAN ILMU AKUNTANSI TERHADAP PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM DI KAWASAN PANTAI ALAM INDAH (PAI) KOTA TEGAL.
Niken Nanincova. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NOACH CAFE AND BISTRO. AGORA, 7(2), 1–5.
Poppy Laksita Rini. (2021). PENGGUNAAN E-MARKETPLACE SEBAGAI MEDIASI ANTARA KEUNGGULAN E-COMMERCE DAN KINERJA MENEJEMEN RANTAI PASOKAN. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewiraushaan , 5(6), 673–677.
Putri, R. A., Yuliati, N., & Laily, D. W. (2023). ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MINUMAN KOPI (STUDI KASUS PADA STARBUCKS COFFEE CITRALAND SURABAYA). Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(4), 251. https://doi.org/10.23960/jiia.v11i4.7406
Ramadani, M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO HANDPHONE. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2). https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540
Ranti Putri Pratiwi, Angga Putri Ekanova, & Olivia Puspita Nagari. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LAYANAN SHOPEEFOOD DI JAKARTA. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 18–28. https://doi.org/10.56127/jekma.v1i2.130
RARA ARIZANDIAH KHATIMA TUAHUNS. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KAVLING PADA PT.LARIS ABADI INDONESIA. UNIVERSITASS ISLAM NEEGRI (UIN) .
Resa Nurlaela Anwar, & Raynes Firdaus. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA OPERATOR SELULER XL AXIATA. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5), 1804–1820.
RIDHO SAPUTRA. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISTRO LABEL STORE PEKANBARU. UNIVERSITAS ISLAM RIAU.
Saragih, M. H., & Prayitta, A. D. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan dan Branding Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay sebagai Metode dan Teknik Pembayaran. Jurnal Simki Economic, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.29407/jse.v6i1.156
SELVY CHRISTIAN SITOMPUL. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada J&T Express Jember). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MANDALA JEMBER.
Sri Rahayu, & Sri Tita Faulina. (2022). Pengaruh Digital Customer Experience dalam Menciptakan Customer Satisfaction dan Customer Loyalty di Era Digital (Studi Kasus OVO). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 2–11.
SYIFA AISYAH PUTRI. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KAMPOENG ROTI DI KLATEN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN MAS SAID SURAKARTA.
Sylke Febrina Laucereno. (2022). Belanja di Tokopedia Kena Rp 1.000, Bagaimana Shopee hingga Bukalapak? DetikFinance.
Teori, K., Hipotesis, D., & Teori, A. K. (n.d.). BAB II.
TRISNO HARJONO. (2021). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA.
Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MESIN POMPA AIR SUBMERSIBLE DAB DECKER DI CV. CITRA NAULI ELECTRICSINDO PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.266
Uliyah, M., & Sulistyawati, L. (2022). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Aspek-Aspeknya. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1220–1440. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1087
Veronika, & Nora Pitri Nainggolan. (2022). PENGARUH PROMOSI, ATRIBUT PRODUK, DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA. E-QIEN, 11(4), 371–375.
Verrendo Yonathan, & Tri Angreni. (2021). Pengaruh Promosi di Aplikasi Youtube dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Prosiding : Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 758–765.
Wahyuni, N., Ade, I., Saeful, M. S., & Gunawan, A. (n.d.). PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE E-COMMERCE UNTUK PELAKU UKM WILAYAH CILEGON.
Wardana, A., Ruspitasari, W., & Handoko, Y. (2023). PENGARUH KEPUASAN, MOTIVASI DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PMI KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(1). https://doi.org/10.32815/jiram.v1i1.20
Wirdah Sa’labah. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI ARAFA HIJAB KOTA SUKABUMI. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 4(3), 19–38.
Yudi Carsana, & David Kevin. (2020). PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI HARGA DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI DI PT.ARISTA SUSKES ABADI TANJUNG PINANG. JURNAL MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG, 3(1), 1–12.
Zoehirfan, M. F., & Wulandari, A. (2023). Perancangan Strategi Periklanan dengan Konten Social Media Marketing Menggunakan Instagram @asyraaf_official pada UMKM Asyraaf Official Store Tahun 2023. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 3133–3141. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.5041
Zulvina Rahma Shofiudin, & Lisa Sulistyawati. (2023). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pembelian Teh Pucuk Harum: Studi pada Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journa, 5(3), 624–631.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MASMAN : Master Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.