Promosi Melalui Katalog Online Menggunakan Coreldraw untuk Meningkatkan Minat Beli di Coffeeshop Blackjack Slowbar Malang

Authors

  • Faizal Islam Akbar Alam Politeknik Negeri Malang
  • Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59603/masman.v3i2.810

Keywords:

Promotion, E-Catalogue, Technology, Buying Interest

Abstract

The writing method used is qualitative by using action research methods. The unit of analysis of this research consisted of 2 design experts, 2 marketing experts, the owner of Blackjack Slowbar Coffeeshop Malang and 15 consumers. Data collection methods used include observation, interviews, questionnaires and documents. The EPIC Model and AIDA Model are used as measurement tools for design effectiveness and buying interest in this research. The results showed that in cycle I, the e-catalogue background theme was not used in sync with other themes and there were also some uninterested images. In the second cycle the e-catalogue is considered to be better than before with the value of the effectiveness of using the EPIC rate in the range of 4.65 which is classified as a very effective scale and the value of the effectiveness of buying interest using the AIDA rate in the range of 91% which is classified as a very effective scale. Based on the research that has been done, the conclusion that can be drawn is that using of the EPIC rate design and buying interest according to the AIDA rate guidelines is very effective. However, through this research, suggestions that can be given by researchers regarding the form of promotion that through online catalogues released on the Instagram and ShopeeFood platforms can help promote Blackjack Slowbar Coffeeshop Malang.

References

Sumber Buku

Abdurrahman. N.H.. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Awwali Muhammad Ryza , Sulartopo. Media Pembelajaran Desain Grafis Di Sma 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif.

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno, 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Farida, Lamsah, dan Periyadi.2019. Manajeman Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Madcoms. 2015. CorelDraw X7 Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi

Miarso.(2007). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Pustekom Diknas. Nugroho,Eko.2018.Prinsip-Prinsip Menyusun Kueisoner.Malang: Tim UB Press Ollie. 2008. Membuat Toko Online dengan Multiply. Jakarta: Mediakitakonten

Prastowo, Andi. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Professional. Yogyakarta: Diva Press

Sedjati, R.S.(2018).Manajeman Pemasaran. Yogyakarata: Deepublish

Setyaningrum, et al. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran.Yogyakarta: Andi Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: Andi

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tinarbuko,2015.DEKAVE Desain Komunikasi Visual-Penanda Zaman Masyarakat Global.Yogyakarta:CAPS

Tjiptono,Fandy.2012.Strategi Pemarasan.Yogyakarta:Andi

Yusuf,Muri.2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan .Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri

Sumber Jurnal

Ardiyatna dan Sudjanarti.2019. Desain e-Catalog Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop CS3 Sebagai Pengembangan Promosi Di Instagram Untuk Meningkatkan Minat Beli Pada Three Brother Blitar. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. ISSN: 2407-3741.Volume:5 Nomor:2, Desember 2019

Indah. 2017. Analisis Efektivitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A mild di Kota Langsa). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi Vol.1 Aceh:Universitas Samudra Langsa Aceh.

Maulida dan Pribadi. 2016. Pembuatan Katalog Dengan Aplikasi Coreldraw Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Kunjungan Di Wisata Lesti Lestari Wajak Malang. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. ISSN: 2407-3741.

Nurhanifah dan Pribadi. 2021. Pembuatan Media Promosi Digital e-Catalog Di Instagram Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Menarik Minat Beli Pada Keripik Srikandi Malang. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. ISSN: 2407-3741. Volume:7 Nomor:2, Desember 2021

Riskila dan Pribadi. 2021. Pembuatan Media Promosi Katalog Dengan Menggunakan Aplikasi Coreldraw Untuk Menarik Minat Beli Pada UMKM Riski Lumintu Bojonegoro. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. ISSN: 2407-3741. Volume:7 Nomor:2, Desember 2021

Savitri dan Pribadi.2019. Pembuatan E-Katalog Sebagai Pengembangan Media Iklan Dengan Menggunakan CorelDraw Di Instagram Princess Fazion Soekarno Hatta Malang Untuk Meningkatkan Penjualan. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. ISSN: 2407-3741.Volume:5 Nomor:2, Desember 2019

Setiawan, Edhie Budi. 2015. “Quality and Purchase Intention Perceived Value towards Low Cost Energy-Saving Cars”. Jurnal Manajemen Transportasi &Logistik. Vol. 02 No.01, p.107-118.

Downloads

Published

2025-05-03

How to Cite

Faizal Islam Akbar Alam, & Tri Istining Wardani. (2025). Promosi Melalui Katalog Online Menggunakan Coreldraw untuk Meningkatkan Minat Beli di Coffeeshop Blackjack Slowbar Malang. MASMAN Master Manajemen, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.59603/masman.v3i2.810

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.