Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Cho-Sik Di Kabupaten Sikka
Keywords:
Kualitas Produk, harga, promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi; (2) menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kota Maumere. Karena populasinya tidak terbatas, maka dilakukan pengambilan sampel sebanyak 76 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji F dan Uji t. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel Keputusan Pembelian berada dalam kriteria baik, variabel Kualitas Produk berada dalam kriteria baik, selanjutnya variabel Harga berada dalam kriteria baik dan variabel Promosi berada dalam kriteria baik. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selanjutnya variabel Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, elanjutnya variabel Promosi berpengaruh seara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil statistik uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Produk, Harga dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis determinasi menujukan ketiga variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan terhadap variasi naik turunnya Keputusan Pembelian Cho-sik di Kabupaten Sikka sebesar 44,4%.
References
Aldy Zulyanecha. (2013). Indikator keputusan pembelian. erlangga: Jakarta. Ari
Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). Analisis pengaruh citra merk, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung di Makassar. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(1), 18-32.
Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Raja Grapindo.
Buchari, Alma. (2006). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Duan, R. R., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian motor yamaha mio pada PT. hasjrat abadi tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 128-136.
Kotler, & Keller. (2011). Manajemen pemasaran, edisi 15. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of marketing global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Kotler, P., and Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Martono, M., & Iriani, S. S. (2014). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap minat beli konsumen batik Sendang Duwur Lamongan. Surabaya: UNESA.
Mau, M., Kurniawan, A. P., & Wisang, I. V. (2023). Pengaruh lokasi, harga dan keberagaman produk terhadap minat beli pada Pasar Tradisional (Pasar Maumere). Jurnal Projemen UNIPA, 10(2), 56-71.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.
Meylano, N. H, Elisabet L, Fatmawati H (2021). "Pengaruh kualitas produ harga promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian chosik Pad UPT Sikka Innovation Center di Maumere."
Meylano, Nunsio H., et al. 2024. Emotional Branding. Edited by Winarni, Dwi, Penerbit Eureka Media Aksara
Ningtias, W. Y. (2009). Strategi pengembangan usaha kecil “waroeng cokelat” (kasus usaha kecil dan menengah di Kecamatan Bogor Utara, Jawa Barat). Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Santoso, Singgih. (2001). SPSS Versi 11,5 Meneglola Data Statistik Secara Profesional, Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.
Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.