Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame (Studi Kasus pada Pelanggan Nanette Brand Partner Oriflame di Kecamatan Kangae
Keywords:
Citra Merek, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah penurunan tingkat penjualan dari berbagai macam produk oriflame. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran citra merek, harga, dan keputusan pembelian ; (2) menganalisis pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan Nanette Brand Partner Oriflame Di Kecamatan Kangae, jumlah sampel yang digunakan 60 orang. Karena penelitian ini dilakukan dengan Purposive Sampling adalah penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan kriteria yang telah ditentukan. Data dikumpulkan melalui quisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji F dan Uji t.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel keputusan pembelian, citra merek dan harga dikategorikan baik. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil statistik uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis determinasi menujukan kedua variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan terhadap variasi naik turunnya keputusan pembelian produk oriflame pada pelanggan nanette brand partner oriflame di Kecamatan Kangae adalah 24,5%