Analisis Pengendalian Persediaan Barang Dagang Dengan Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. Sinar Fajar Mulia

Authors

  • Maria Anjelica Agustha Seran UNIPA
  • Yosefina Andia Dekrita
  • Elisabet Luju UNIPA

Keywords:

Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock, , Reorder Point

Abstract

PT.Sinar Fajar Mulia adalah sebuah perusahaan dagang distribusi yang hadir menawarkan satu produk tetapi dengan berbagai macam item dengan barang produk pelumas TOP1. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan masalah terjadinya penumpukan barang dagang pelumas TOP 1 dibandingkan dengan item lainnya yang jarang diminta oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian persediaan barang dagang pelumas dengan menggunakan metode Economic Order Quantity yaitu biaya pemesanan dan biaya penyimpanan serta menganalisis safety stock dan reorder point.

Sampel pada penelitian ini yaitu laporan persediaan dan pembelian pelumas TOP1 MC 20W-50, 800 CC periode 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi yang terkait dengan permasalahan yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan persediaan dengan menggunakan metode EOQ dapat dijadikan sebagai pengendalian persediaan pada PT.Sinar Fajar Mulia, hal ini dapat dilihat dari hasil pembahasan yang dilakukan, dimana dengan menggunakan metode EOQ dapat membantu perusahaan menghemat total biaya persediaan sehingga sangat tepat jika dijadikan sebagai pengendalian persediaan barang dagang pelumas. Jadi hasil analisis persediaan barang dagang lebih tinggi atau persediaan menjadi lebih optimal dengan menggunakan metode EOQ.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Maria Anjelica Agustha Seran, Yosefina Andia Dekrita, & Elisabet Luju. (2023). Analisis Pengendalian Persediaan Barang Dagang Dengan Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. Sinar Fajar Mulia. Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 1(4). Retrieved from https://ejournal-nipamof.id/index.php/NianTanaSikka/article/view/190

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)