Pengaruh Promosi Dan Electronic Word Of Mouth(E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi TIX ID (Studi Kasus Pada Prodi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Indah Sari Ningrum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yayan Hendayana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ari Sulistyowati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i2.363

Keywords:

Promotion, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) and Purchase Decision

Abstract

This research aims to measure the influence of promotions and electronic word of mouth (E-wom) on the decision to purchase cinema tickets on the TIX ID application (Case study in the management study program at Bhayangkara University, Jakarta Raya). The sampling technique used in this research was students from Bhayangkara University, Jakarta Raya who had used the TIX ID application. The data collection tool in this research used a questionnaire distributed to 110 respondents. The data analysis method used multiple linear regression analysis. The results of this research partially show that promotions have a significant effect on purchasing decisions and Electronic Word of Mouth (E-WOM) has a significant effect on cinema ticket purchasing decisions on the TIX ID application.

 

 

References

Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran Kfc Cabang Khatib Sulaiman padang 1–16.

Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Dqb9m

Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan I-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna I-Saku Di Indomaret. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 07(02), 473–478.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107.

Antin Rakhmawati, Muhammad Nizar, & Kholid Murtadlo. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wwom) Dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21. Https://Doi.Org/10.35891/Jsb.V6i1.1584

Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Kembali Cat Dulux Di Depo Keramik Katapang Bandung. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3), 704–714. Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V8i3.35854

Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12. Https://Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V3i2.4075

Arman, A. (2020). Penerapan Model 9p Dimensi Bauran Pemasaran Jasa Perbankan (Studi Pada Bpr Di Propinsi Riau). Jurnal Daya Saing, 4(1), 123–133. Https://Doi.Org/10.35446/Dayasaing.V4i1.142

Cahyani, W., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Sales Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Melalui Aplikasi Tix Id (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tix Id Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 9(1), 1055–1061.

Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jbma (Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi), 5(1), 61–75.

Carolina, R. (2023). Pengaruh Harga, Iklan, Promosi, Kenyamanan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Secara Online. 1–14.

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105.

Claudya, S., & Komariah, N. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Air Ro Di Ker-Ro Bekasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan …, 17(2), 115–124. Http://Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Jiam/Article/View/703%0ahttp://Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Jiam/Article/Download/703/631

Darma, G. S. (2019). Gede Sri Darma (2) Multimatics Jakarta (Pt. Life Long Learning) (1). 16(1), 1–12.

Dharmanto, A. & I. D. (2018). Implementasi Strategi Promosi Dan Digital Marketing Melalui Instagram Dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Saat Pandemi Covid 19 Di Ifootball Store Kota Bekasi. Dynamics Of Asymmetric Conflict, 11(1), 1–1.

Lizardo J, (2023). Membangun Generasi Y Dan Z Sebagai Pemimpin Muda Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.O.

Fadhli, K., Usluhiyah, R., Widyaningsih, B., & Education, J. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Mbr) Di Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. 9(4), 5–11.

Fajria, I. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Mustika Ratu. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1–8.

Faris Nurrohman, & Agung Utama, (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Smartphone Merek Blackberry Di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 1, 37–45.

Fauzi, I. S. N., & Sulistyowati, A. (2022). Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Player Call Of Duty: Mobile. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(2), 129–142. Https://Doi.Org/10.31599/Jki.V22i2.730

Febriyantia, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina ( Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya ). Jurnal Jempper, 1(2), 196–206.

Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jesya, 5(2), 1549–1562. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i2.773

Fitriana, N. D., Nobelson, N., Setiadi, I. K., & Supriadi, Y. N. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Cgv Di Dki Jakarta. Yudishtira Journal: Indonesian Journal Of Finance And Strategy Inside, 3(2), 173–196.

Furqon, M. (2019). Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha (Studi Pada Toko Emas Barokah Turen Malang Jawa Timur). 1–111.

Hasbi, I., & Lestari, M. A. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Gofood Di Kota Bandung. 24(1), 15–26.

Herawati, H., & Muslikah, M. (2020). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja, 2(01), 17–35. Https://Doi.Org/10.34005/Kinerja.V2i02.794

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. Https://Doi.Org/10.26623/Slsi.V19i1.3001

Hidayanti, A. A., & Masyhudi, L. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 4–5.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. Https://Doi.Org/10.37403/Mjm.V6i1.143

Indriastuty, N. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Pengunjung Wisata Budaya Pesta Adat Erau. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 61. Https://Doi.Org/10.24198/Jmk.V4i2.23264

Lukito, W. A., & Fahmi, D. L. (2020). Pengaruh Promosi Dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal Of Economics And Accounting, 1(2), 90–95.

Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. Https://Dinastirev.Org/Jmpis/Article/View/1134

Meriska, C., & Restuti. (2021). Pengaruh Website Quality Dan Persepsi Risiko Terhadap Online Pada Generasi Z Di Kota Pekanbaru Jom Feb , Volume 8 Edisi 2 ( Juli – Desember 2021 ). 8, 1–15.

Ningsih, I. Y., & Arief, M. (2021). Bauran Promosi Pada Dealer Yamaha Tretan Motor Dengan Pendekatan Mixed Methods. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (Jkim), 1(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.21107/Jkim.V1i1.10591

Octadyla, M. M., Maulana, C. Z., & Diem, J. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Pengetahuan Serta Tinjauan Dari Perspektif Ekonomi Islam ( Survei Pada Konsumen Perumahan Surya Akbar Tanjung Barangan Kota Palembang ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 254–267.

P, T. P., & Pradhanawati, A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Electronic Word Of Mouth Pada Marketplace Bukalapak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Marketplace Bukalapak). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1275–1284. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2021.32113

Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52. Https://Www.Ejournal.Lmiimedan.Net/Index.Php/Jm/Article/View/52

Pratidina, N. G. A., & Soesanto, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tisu Tessa Melalui Citra Merek (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal Of Management, 7(3), 1–11.

Retnowati, N. (2018). Pengaruh E-Wom ( Electronic Word Of Mouth ) Pada Situs Social Commerce Terhadap Niat Beli Generasi X , Y Dan Z.

Rukmiyati, N. M. (2022). Perilaku Keuangan Wirausaha Pada Industri Pariwisata: Studi Komparatif Generasi X, Y Dan Z. Jurnal Kepariwisataan, 21(1), 68–77. Https://Doi.Org/10.52352/Jpar.V21i1.730

Santoso, R. (2020). Review Of Digital Marketing & Business Sustainability Of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia Corona Virus Atau Lebih Dikenal Dengan Covid-19 Telah Mengubah Peta , Perilaku , Yang Pada Era Yang Paling Terdampak . Ribuan Pelaku Umkm Adanya Pande. 5(2).

Saputra, S., & Barus, F. M. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Citra Merek Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Danbisnis, 5(1), 1–11. Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Manajemen

Septiani, S., & Prambudi, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. 14(2), 153–168.

Sindunata, I. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Agoda.Com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V7i3.24200

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. Https://Doi.Org/10.33753/Mandiri.V4i1.99

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. Jamin : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41. Https://Doi.Org/10.47201/Jamin.V1i2.28

Sujarweni. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif.

Syamsul, H., Modding, B., & Dewi, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Dessert Pada By.Uwibama Di Kota Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 450–475.

Wijoyo, H., & Marpaung, S. L. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Reputasi Aplikasi Tix Id Terhadap Minat Beli Tiket Bioskop Online Di Xxi Mall Ciputra Seraya Kota Pekanbaru. Jurnal Suluh Pendidikan (Jsp), 53(9), 1689–1699.

Wulandari, T. A., Insan, M. I., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Suatu Produk Skincare. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 844–851. Https://Doi.Org/10.26740/Jim.V9n3.P844-851

Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal Of Business And Economics Research (Jbe), 1(2), 168–172. Https://Doi.Org/10.47065/Jbe.V1i2.244

Yuniarto, H., Nursal, M. F., & Panday, R. (2019). Keputusan Pembelian Fashion Branded Matahari ( Studi Kasus Pada Customer Base Online Shop Produk Matahari Harga Gudang ). Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 12. Https://Jurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Manajemen-Ubhara/Article/View/650

Ayaumi, Reza Sri, and Neng Siti Komariah. "Pengaruh Customer Experience Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Layanan Pesan Antar Gofood Saat Pandemi Covid-19 Pada Generasi Z." Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara 3.2 (2021): 181. http://repository.ubharajaya.ac.id/25041/1/gab%20pengaruh%20customer%20experience%20dan%20trust%20terhadap.pdf

Widjanarko, W., Saputra, F., & Hadita, H. (2023). Analisis Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan terhadap Voucher Gratis Ongkos Kirim E-Commerce Shopee Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 678-685. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1540

Riska, C. F., Hendayana, Y., & Wijayanti, M. (2023). Pengaruh ulasan konsumen, Kualitas Produk dan Marketing Infuencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2722-2739.https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.896

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Indah Sari Ningrum, Yayan Hendayana, & Ari Sulistyowati. (2024). Pengaruh Promosi Dan Electronic Word Of Mouth(E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi TIX ID (Studi Kasus Pada Prodi Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya) . PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(2), 75–92. https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i2.363

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.