Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Di Simokalangan II Surabaya

Authors

  • Bagus Suryo Sajiwo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT
  • Iswati Iswati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT
  • Is Fadhillah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT
  • Handy Ariwibowo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT

DOI:

https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.270

Keywords:

Price, Promotion, Purchase Decision

Abstract

This study aims to analyze the effect of price and promotion on purchasing decisions. The research method used is a quantitative method. This study uses purposive sampling. The sample in this study amounted to 50 respondents. Data collection instrument using a questionnaire. The dependent variable is the purchase decision variable and the independent variable is the price, and the promotion is the price, and the promotion is on the purchase decision of Shopee users. The data analysis method used is multiple linear regression. All statements are valid, reliable and normal. The results show that the coefficient of determination (R Square) of the independent variable on the dependent variable is R2 = 0.507 or 50.7%. The independent variable can explain the dependent variable. From the research, it shows that price has a significant effect on purchasing decisions of Shopee users in Simokalangan II. This is proven by tcount being greater than ttable (3,722 > 1,678). And so does the Promotion which has a significant effect on the purchasing decision of Shopee users in Simokalangan II. This is evidenced by tcount being greater than ttable (4,221 > 1,678). While the results of the simultaneous test of price and promotion variables have a significant effect of fcount 24.120 > ftable 2.802 on purchasing decisions. This shows that the better the price and promotions provided, the higher the buying decision of Shopee users in Simokalangan II.

References

Aulija, Aliya, Endang M Sasmita, And Bida Sari. “Layanan Terhadap Keputusan Pembelian.” 3(1): 71–79.

D Laksana, Ryan. 2021. “Terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Pada Oleh Ryan Dharmawan Laksana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Di Fakultas Ekomoni Dan Bisnis Universi.”

Kurnia, Sari ( 2021 ). 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Motor Kawasaki Prima Di Kota Batam.”

Kurniawan, Mohamad Taufik. 2021. “Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Pt . Telkom Indonesia Di Kota Semarang.”

Kusbastio, Hendrik. 2022. Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wifi Indihome.

Made, Muhammad Gigih. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Merdeka.” : 1–12.

Nasir, Moechammad, And Chalvin Septianarditya. 2021. “Analisis Keputusan Pembelian Indihome Berdasarkan Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi.”

Nirmala, Eki Citra. 2021. “Oleh: Eki Citra Nirmala 217120187.” Https://Repository.Ummat.Ac.Id/3506/14/Cover-Bab Iii.Pdf.

Pijar Guntara, Sangga. 2021. “Seragam Futsal Pada Toko Focus Konveksi Di Oleh : Sangga Pijar Guntara Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi.”

Pradila, Eka. 2017. “Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Bank Btpn Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa.”

Priyono, Anggun D W I. 2011. Intervening Pada Objek Wisata Museum.

Rahmadani. 2021. “Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusankonsumen Dalam Pembelian Rumah.” : 130.

S Suharto, Agustinus. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pe;Ayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pt Bina San Prima Cabang Semarang).”

Sibuea, Adelina. 2019. “Keputusan Pembelian Indihome Pada Sto Medan Oleh : Universitas Medan Area Keputusan Pembelian Indihome Pada Sto ( Sentral Telephon Omatis ) Pt . Telkom Akses Medan Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Ekonomi Ma.”

Sitanggang, Teresia, Naili Farida, And Dinalestari Purbawati. 2023. “Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Indihome Pendahuluan Sumber : Data Primer Yang Diolah , 2022 Kerangka Teori.” 12(1): 157–64.

Sulastri, Emi. 2022. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Transportasi Online Grab Bike.”

Supiati. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pemasangan Indihome Pt. Telekomunikasi Kabupaten Bulukumba.”

Tolan, Mita Sari. 2021. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Mita ( Studi Pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan Iv Kota Manado ).” 2(5): 360–64.

Utari. 2019. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Bri Syariah (Persero) Tbk Palopo.”

Widianti, S R I. 2012. “Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Penjualan Lempuk Durian Pada Gerai Oleh-Oleh Khas Riau ‘Yolanda’ Pekanbaru.” (Marketing Mix).

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Bagus Suryo Sajiwo, Iswati Iswati, Is Fadhillah, & Handy Ariwibowo. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Di Simokalangan II Surabaya. MASMAN : Master Manajemen, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.270

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.