Pengaruh Kualitas Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Semangat Kerja sebagai Variabel Intervening di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang

Authors

  • Laura Yerisva Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Marta Widian Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Nila Pratiwi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.497

Keywords:

Kualitas Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai, Semangat Kerja

Abstract

Tujuan riset ini ialah untuk menguji pengaruh kinerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai melalui tingkat kepuasan kerja pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pudong. Populasi yang diteliti berjumlah 123 pekerja. Sampel sebanyak 95 karyawan dipilih menggunakan Sloane sampling dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui survei dan penyebaran kuesioner kepada responden. Data dianalisis menggunakan metode struktural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kinerja pegawai dan promosi melalui etos kerja berada pada tingkat yang baik. Penilaian positif menunjukkan bahwa (1) semangat kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang yang efisien dan efektif, (2) promosi kerja yang efektif berdampak positif dan bermanfaat terhadap semangat kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. ) tidak berpengaruh terhadap pegawai yang bekerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, (5) etos kerja diterima dengan baik dan bermanfaat bagi pegawai yang bekerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, (6) Kerja yang efisien dan efektif bagi pegawai melalui kepuasan kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pudong, dan (7) memajukan kerja yang efektif dan bermanfaat bagi para pegawai yang bekerja melalui kepuasan kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pudong.

References

Aditia, Y. C., & Yuniawan, A. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan: Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Kantor Pusat PT Nindya Karya). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Ahmad, R., & SE, M. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variable Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Manajemen Tools, 11(1).

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Pilar, 14(1), 15–31.

Ariyanti, F. (2019). Manajemen, Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Jenis Keilmuan yang Harus Kamu Tahu. Cermati. Com.

Asbari, M., & Novitasari, D. (2021). Pengaruh Authentic Leadership terhadap Mentalitas Siap Berubah dan Kinerja Pegawai Paruh Waktu. Business Management Journal, 17(1), 73–88.

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media.

Ceswirdani, C., Sjafitri, H., & Candra, Y. (2017). Pengaruh kompetensi dan kualitas kerja terhadap prestasi kerja pegawai di kantor kecamatan kuranji. Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 23–37.

Hafiid, H., & Sugiarto, Y. (2020). Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kerja Untuk Menghadapi Persaingan Tenaga Kerja Asing. Public Administration Journal (PAJ), 4(1), 43–53.

Jufrizen, J. (2021). Pengaruh fasilitas kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7(1), 35–54.

Manihuruk, C. P., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 296–307.

Nasution, S. L. (2020). Pengaruh Kualitas Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Asam Jawa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 88–94.

Neksen, A., Wadud, M., & Handayani, S. (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Jam Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Grup Global Sumatera. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 105–112.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hazara Cipta Pesona. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 60–74.

Pangestuti, D. C. (2019). Analisis pengalaman kerja, kompetensi, pendidikan dan pelatihan terhadap pengembangan karir dengan intervening prestasi kerja. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 57–68.

Rizqina, Z. A., Adam, M., & Chan, S. (2017). Pengaruh budaya kerja, kemampuan, dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja pegawai serta dampaknya terhadap kinerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Jurnal Magister Manajemen, 1(1), 59–69.

Published

2024-08-13

How to Cite

Yerisva, L., Widian Sari, M., & Pratiwi, N. (2024). Pengaruh Kualitas Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Semangat Kerja sebagai Variabel Intervening di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. MASMAN : Master Manajemen, 2(3), 265–277. https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.497

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.