Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik

Authors

  • Eliya Putri Aprilia Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59603/masman.v3i1.709

Keywords:

Product Design, Purchasing Decisions, Electronics

Abstract

This literature study examines the influence of product design on purchasing decisions for electronic products. Product design is one of several important aspects that manufacturers need to pay attention to when making an item, because product design plays a role in building the reputation or identity of an item, which can be a characteristic of the item and a differentiator from similar items owned by competitors. Product design includes function and form. Design related to form focuses on the planning and appearance of an item, while design related to function focuses on how the item can be used by consumers. In this study, the literature review method was applied by analyzing various relevant scientific sources. The results of the study revealed that product design has a significant influence on consumer purchasing decisions. The main purpose of this literature study is to analyze and synthesize previous research findings on the influence of product design on electronic purchasing decisions and identify factors that influence product design on electronic product purchasing decisions. 

References

Annaser, T. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus pada Mahasiswa di Purwokerto. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Arifin, S., Darmawan, D., Jahroni, J., Khayru, R. K., & Lestari, U. P. (2023). Persepsi Risiko dan Kepercayaan Pelanggan dalam Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Terhadap Produk Elektronik Ramah Lingkungan. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(4), 172–182.

Darmawan, D. (2014). Perilaku Konsumen. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D. (2020). Pengaruh Citra Toko, Lokasi, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 17-24.

Darmawan, D. (2020). Pengaruh Pengalaman, Promosi Penjualan, dan Daya Tarik Produk Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 23–30.

Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi Empiris tentang Kontribusi Harga, Varian Produk, dan Kemasan terhadap Pembentukan Minat Beli Produk Sabun Mandi Batang (Studi Kasus terhadap Pekerja Rantau di Kota Surabaya). Bisman (Bisnis dan Manajemen): Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), 99-116.

Darmawan, D., & Putra, A. R. (2022). Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Implusif. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(1), 26-45.

Dartia, K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo. Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha.

Elini & Syaifullah. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam. Skripsi, Universitas Putera Batam.

Ernawati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan Keunggulan Kompetitif UMKM Melalui Strategi Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2), 144-153.

Faizy, A. F., Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Handphone Vivo di Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 618-633.

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 2193.

Handayani, E. D., & Kurnianingsih, S. E. H. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, Desain dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Manajemen Dewantara, 5(2), 152-161.

Herlambang, H., Mulyana, M., & Riwoe, F. L. R. (2022). Pengaruh Citra Merk, Desain Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Bogor. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(2), 169-178.

Ismoyo, D. W. (2014). Kendala Penyidik dalam Mengungkap Tindak Pidana Penipuan Online Melalui Media Elektronik Internet (Studi di Polres Malang Kota). Dissertation, Brawijaya University.

Kotler, P. &Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education, United States.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. Pearson Education, Harlow.

Kotler. P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Lestari, U. P., & Putra, A. R. (2022). Brand Switching Behavior on Smartphone Product Purchases. Journal of Science, Technology, and Society, 3(2), 23–31.

Limakrisna & Purba. (2017). Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Luchs, M., & Swan, K. (2011). Perspective: The Emergence of Product Design as a Field of Marketing Inquiry. Journal of Product Innovation Management, 28(3), 327-345.

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Peranan Sistem Informasi Persediaan terhadap Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kegunaan yang Dirasakan, dan Kepuasan Pengunjung Toko Buku. Realible Accounting Journal, 1(1), 43–57.

Marnoto, M., Sopi, S., Hartarini, Y. M., & Fatimah, A. M. (2022). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo. Innovative: Journal of Social Science Research, 2(1), 838-847.

Munir, M., & Putra, A. R. (2021). The Influence of Brand Image and Product Quality of Samsung Brand Washing Machine on Brand Loyalty. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 1(2), 83–92.

Nisa, K., & Tamam, T. (2024). Pengaruh Fitur, Desain, dan Variasi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo di Kalianda. Economics and Digital Business Review, 5(2), 554-559.

Pramono, R., & Ferdinand, A. T. (2012). Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Desain Produk, dan Layanan Purna Jual terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Semarang). Dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

Putri, R. F. W., & Darmawan, D. (2023). Determinan Keputusan Pembelian Helm di Kota Surabaya: Harga, Citra Merek, Gaya Hidup, dan Kualitas Produk. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(4), 159–171.

Rifauddin, M. (2016). Pengelolaan Arsip Elektronik Berbasis Teknologi. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(2), 168-178.

Rumra, A. (2023). Citra Merek, Desain Produk, dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer oleh Mahasiswa STIA Alazka Ambon. HIPOTESA-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 14-24.

Sagala, M. A. (2024). Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Universitas HKBP Nommensen Medan. Skripsi, Univeristas HKBP Nommensen Medan.

Widalismana, M., & Lestari, N. D. (2017). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa menggunakan Media Cetak dengan Media Elektronik pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Universitas PGRI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 41-48.

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 9(1), 73-97.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Eliya Putri Aprilia, & Didit Darmawan. (2025). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik. MASMAN Master Manajemen, 3(1), 50–61. https://doi.org/10.59603/masman.v3i1.709

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.