Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang

Authors

  • Nurhalifah Nurhalifah Universitas Bina Bangsa
  • Munawaroh Munawaroh Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59603/masman.v3i1.715

Keywords:

Work Ability, Service Quality, Community Satisfaction

Abstract

In a government agency or organization, it is one that requires serving the community well, community satisfaction is one of the factors to assess whether an agency or organization is good or not, work ability and service quality are the ones that can assess whether or not the community feels satisfied. This research aims to determine the effect of work ability and service quality on community satisfaction at the Ciruas District Office, Serang Regency. This research uses the literature review method, which is a research method used to collect, compile and synthesize existing research results. The research results in the study show that work ability influences community satisfaction, service quality influences community satisfaction, and work ability and service quality together influence community satisfaction.

References

Amalia, H. F., & Riono, S. B. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan administrasi, kemampuan kerja pegawai, dan integritas terhadap kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik dengan semangat kerja sebagai variabel intervening (Studi kasus di Kantor Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes). Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi, 1(2), November 2024.

Ayu, R. S. (2024). Pengaruh kemampuan kerja karyawan dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sorong, 3(4), Januari 2024.

Dalpiana, S., & Habe, H. (2023). Pengaruh efektivitas kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat (Studi kasus: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Fahlefi, W. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 8(2), September 2021, ISSN: 2252-5483, E-ISSN: 2406-9566.

Gustiana, R. (2020). Pengaruh kemampuan kerja pegawai dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik pada Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Jurnal Mozaik, 9(1).

Karlina, L., & Agussalim. (2023). Pengaruh pelayanan pegawai dan kualitas kerja terhadap kepuasan masyarakat Kecamatan Sikakap (Studi kasus pembuatan KK dan KTP). JM, 5(1), Maret 2023, 29–44.

Kurniawan, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kantor terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Volume 01 Nomor 02.

Lisninda, W. (2022). Pengaruh kemampuan pegawai, sarana layanan terhadap kualitas layanan dan kepuasan masyarakat pada Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin, 17(2), 271–290.

Mariatul, F. Q. (2021). Pengaruh kemampuan kerja pegawai dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat pada Sekretariat Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. 4(2), September 2021.

Munawaroh, et al. (2021). Effect of transformational, transactional leadership and job satisfaction: Evidence from information technology industries. IT in Industry, 9(1).

Nadianingrum, N. W. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada PT. Capella Dinamik. Nusantara Mahasiswa Program Studi Manajemen, 3(3).

Nor, E. W., & Nursusanto. (2020). Pengaruh kemampuan kerja pegawai dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik di Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Administrasi Unis Tangerang, 2(1).

Riyadin. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat keluarga berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi kasus pada Desa Pekalongan). Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro, Jurnal Simplex, 2(1).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Supriyanti, et al. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan masyarakat. Vol. 02, No. 02, Universitas Pandanaran Semarang.

Downloads

Published

2025-01-18

How to Cite

Nurhalifah Nurhalifah, & Munawaroh Munawaroh. (2025). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Master Manajemen, 3(1), 117–122. https://doi.org/10.59603/masman.v3i1.715

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.