Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Ekpedisi JNE Express Cabang Mitraserasi 034 Pondok Melati

Authors

  • Fiqi Akbar Universitas Bina Sarana Informatika
  • Natal Indra Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.455

Keywords:

Service Quality, Price, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the Influence of Service Quality and Price on Customer Satisfaction in JNE Express Expedition MitraSerasi Branch 034 Pondok Melati. The type of research used in this study is a quantitative approach with data collection techniques using probability sanpling. The population in this study was 83 customers and was sampled using the slovin formula, which was 45 respondents The results of this study show that the service quality variable has a positive and significant influence on customer satisfaction and the price variable also has a positive and significant influence on satisfaction, this can be seen in the t value of the > t table, service quality (X1) 2,204 > 2,018 and price (X2) 2,309 > 2,018 and service quality and price simultaneously affect customer satisfaction on the JNE Express expedition Mitraserasi 034 Pondok Melati branch. This is because f calculates 16,582 > f table 3,214 and is supported by a significance value of 0.001. 

References

Andi Sawe Ri Esso. (2022). Manajemen Pemasaran (M. E. Nia Kurnia Lestari (ed.)). PT Sada Kurnia Pustaka.

Bagus Mohamad Gandhi Sutarso. (2008). Strategi Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus PT.PLN(Pasero)Wilayah Semarang. Diponegoro semarang.

Drs. Husein Umar, S.E., M.M., M. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Sukoco & P. Lubis (eds.)). PT Gramedia Pustaka Utama.

Ferdian. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN EKPEDISI J&T EXPRESS DI BANDA ACEH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.

Gofur Abdul. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan.

Hasby Nurdalilah. (2019). Hasby, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen JNE Express Agen Pangkalan Mansyur.

Hedrio Prayoga. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Produk Indihome PT TELKOM Witel Bekasi.

Jilan Najilah Salsabila. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Klinik Leo N VesT Bekasi.

Linavathul Masruroh. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Tebet Kota Jakarta Selatan.

Marati Nafisa Choirul. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (Studi pada konsumen gojek di Surabaya.

Moh Syeh Abdul Qodir Jaelani. (2023). Pengaruh Faktor Kualitas Produk dan Harga Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Produk Mixue Studi Kasus Pada Konsumen Mixue Di Daerah Tebet Jakarta Selatan.

Nur Fitriani. A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada J&T Expres Talasalapang Makasar.

Nursamsiah Nasution. (2022). Kualitas layanan adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memastikan bahwa layanan yang diberikan sesuai dengan harapan mereka. Ini mencakup berbagai aspek, seperti kecepatan dan efisiensi dalam penyampaian layanan, kejelasan dan kesopanan dala.

Philip Kotler. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia (Ancela Anitawati Hermawan. SE.MBA (ed.); Pertama). Salemba Empat.

Putri Utari. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Gowata Sakti Motor. 32.

Rina Sukmawati. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yograkarta.

Rizqi Adzani Amelia. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen pada PT. Alun Indah Cakung.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal ilmu manajemen terapan.

Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan mie gacoan di bekasi timur.

Sumarsid, S., & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada grabfood (studi wilayah Kecamatan Setiabudi).

Susi Susanti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Coffe RR Pekanbaru.

Tiara Sepiyanih. (2023). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap keputusan pembelian Rumah Di Perumahan Rizki Puri Desa Srijaya.

Woen, N. G., & Santoso, S. (n.d.). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. 2021.

Yulianti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Kopi Papa Ong di Kota Makasar. https://www.minsal.cl/wp-content/uploads/2019/01/2019.01.23_PLAN-NACIONAL-DE-CANCER_web.pdf

Published

2024-07-30

How to Cite

Fiqi Akbar, & Natal Indra. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Ekpedisi JNE Express Cabang Mitraserasi 034 Pondok Melati. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 253–260. https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.455