Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Borwita Citra Prima Maumere
DOI:
https://doi.org/10.59603/projemen.v9i2.42Keywords:
kualitas pelayanan, kepuasan pelangganAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT Borwita Citra Prima Maumere, (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT Borwita Citra Prima Maumere. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelangganyang menggunakan produk dari PT Borwita Citra Prima Maumere saat ini yaitu sebanyak 3178 pelanggan. Dengan menggunakan rumus slovin maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan analisis menggunakan metode statistik deskriptif dan statistiik inferensial yaitu regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis dilakukang melalui uji t. Nilai signifikan untuk variabel kualitas pelayanan (x) sebesar 0,012. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari tingkat alpha yang digunakan 5% (0,05) maka keputusannnya adalah menerima hipotesis alternatif (ha) dan menolak hipotesis nol (ho), dengan demikian variabel kualitas pelayanan (x) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (y). Jika variabel kualitas pelayanan semakin baik maka variabel kepuasan pelanggan juga akan semakin baik.