Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Aurduri Kota Jambi

Authors

  • Sherliny Widya Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Habriyanto Habriyanto Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Marissa Putriana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.490

Keywords:

Price, product quality, income, purchase decision

Abstract

The secondhand clothing market has become a popular alternative choice among consumers, especially in big cities like Jambi. This study aims to explore the factors that influence purchasing decisions of secondhand clothing in Aurduri Market, Jambi City. With the growing interest in second-hand clothing, it is important to understand the variables that influence purchasing decisions to provide deeper insights for sellers and market stakeholders. This study used a quantitative method with a sample of 40 respondents who were randomly selected. Data was collected through a questionnaire designed to evaluate the influence of price, product quality, brand, and socio-cultural factors such as local trends and norms on purchasing decisions. The results showed that price was the dominant factor influencing purchasing decisions, followed by clothing quality and seller reputation. Socio-cultural factors also influence purchasing decisions, albeit with a smaller degree of influence. The findings provide valuable insights for used clothing sellers in Aurduri Market in formulating marketing strategies, as well as enriching the literature on consumer behavior in the context of the used clothing market in Indonesia.

References

Abdullah, B. (2010). Peradapan pemikiran ekonomi Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Alma, B. (2014). Manajemen bisnis syariah. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Awalia, N. (2019). Minat konsumen dalam memilih pakaian bekas di pasar Simpang Kota Prepare (Konsistensi hukum ekonomi Islam) [Skripsi, IAIN Prepare]. Diakses dari [URL jika ada].

Badrudin. (2014). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta.

Daga, R. (2017). Citra, kualitas produk, dan keuangan pelanggan. Makassar: Global-RCI.

Fatihudin, D. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 18). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, I. (2016). Pengantar statistika inferensial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Handoko, H. (2002). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, S. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pakaian bekas pada masyarakat Kabupaten Labuhan Batu Selatan [Skripsi, IAIN Padangsidimpuan]. Diakses dari [URL jika ada].

Hidayat, D. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Suzuki pada PT. Suzuki Center Kartini Bandar Lampung [Skripsi, Informasi dan Bisnis Darmajaya]. Diakses dari [URL jika ada].

Hidayat, R. R. (2018). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada pembeli gula aren sawit di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rempah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut) [Skripsi, UIN Sumatra Utara]. Diakses dari [URL jika ada].

Ihsan, M. (2021). Pengaruh kualitas, produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di toko Banjar Second Banjarmasi. Diakses dari [URL jika ada].

Indadari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Jawa Timur: Unitomo Press.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2003). Manajemen pemasaran. Jakarta: Indeks Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 13, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dkk. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran (Alih bahasa I. Nurmawan). Jakarta: Erlangga.

Prastiwi, K. (2021). Pengaruh kualitas produk, produk, dan harga serta citra merek terhadap keputusan pembelian fashion import proloved pada toko online Ratuvintage_Prastiwi [Skripsi, Universitas Mercu Buana]. Diakses dari [URL jika ada].

Rajasa, M. A. (2020). Kemendag selidiki lonjakan import pakaian dan aksesoris. CNN Indonesia. Diakses dari http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201002181925-92

Rozalinda. (2014). Ekonomi Islam: Teori dan aplikasinya pada aktivitas ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo.

Satriani, M. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen penggunaan jasa pengiriman barang Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Jambi. Diakses dari [URL jika ada].

Sekar, U. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Trijoptono, F. (2008). Strategi pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, A. P. (2016). Pengaruh harga bauran pemasaran terhadap kepuasan pembelian konsumen di minimarket Kopma [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Diakses dari [URL jika ada].

Veithzal Rivai, Z., dkk. (2017). Islamic marketing management. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Sherliny Widya, Habriyanto Habriyanto, & Marissa Putriana. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Aurduri Kota Jambi. MASMAN : Master Manajemen, 2(3), 221–232. https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.490

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.