PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CREW CUTS STUDIO BARBERSHOP MAUMERE
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
This study aims to describe Customer Loyalty, Service Quality, and Customer Satisfaction and to analyze the influence of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty, both partially and simultaneously. The population in this study were customers who received services at Crew Cuts Studio Barbershop Maumere. The sample size used in this study was 96 people using the Cochran formula.
The descriptive analysis results indicate that the Customer Loyalty variable falls within the good criteria, the Service Quality variable falls within the good criteria, and the Customer Satisfaction variable falls within the good criteria. The t-test statistics indicate that partially, the service quality variable does not significantly influence customer loyalty. Furthermore, partially, the customer satisfaction variable does not significantly influence customer loyalty. The f-test statistics indicate that both service quality and customer satisfaction have a significant effect on customer loyalty. The results of the determination analysis indicate that both independent variables in this study are able to explain the relationship between the independent variables and customer loyalty, which is interpreted as low.
References
Agiesta, W., Sajidin, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan ka lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1653-1664.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463.
Dzikra, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review, 11(3), 262-267.
Fatihudin and Firmansyah (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama:Yogyakarta).
Famiyeh, S., Kwarteng, A., & Asante-Darko, D. (2018). Service quality, customer satisfaction and loyalty in automobile maintenance services: Evidence from a developing country. Journal of Quality in Maintenance Engineering, 24(3), 262–279. https://doi.org/10.1108/JQME-10-2016- 0056
Gui, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Barbershop Starbox Bata (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Griffin, J. (2016). Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Terj. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Griffin Jill, 2005, Customer Loyalty Menumbukan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Jakarta: Erlangga.
Hasan. Ali. (2016). Marketing dan kasus-kasus pilihan. CAPS. Yogyakarta.
Halim, F., et al. (2021). Manajemen pemasaran jasa. Yayasan Kita Menulis.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan, Unitomo press.
Kotler dalam Arviantama et al., (2017) kualitas pelayanan adalah semua tindakan yang dapat diberikan suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (11th ed.) (Benyamin Molan, Penerjemah). Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Marianus Vicy Adastian, Yoseph D. Purnama Rangga, Pipiet Niken Aurelia. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di PT. Borwita Citra Prima Maumere). Jurnal Manajemen Riset Inovasi.
Meylano, Nunsio H., et al . 2024. Emotional Branding . Edited by Winarni, Dwi, Penerbit Eureka Media Aksara
Oktavianus Rikardo Duu Fernando, Yoseph D. Purnama Rangga, Nunsio H Meylano. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada 90’s Kid Barbershop Maumere. Jurnal Kewirausahaan dan manajemen bisnis.
Oktavia. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 13, Nomor 1.
Putra, dkk. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya
Pratama, I. P. Y. (2022). Pengaruh promosi penjualan, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen perusahaan Jalur Nuraha Eka Kurir Denpasar (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Riyanto, D. F. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan: Studi kasus pada Omah Cukur Barbershop Kalikebo, Trucuk, Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).
Ramadhany, A., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada AP Garage (Bengkel Cat & Custom). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 199-206.
Roynalduas AK Agung, Antonius Philipus Kuniawan, Paulus Juru, (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Borwita Citra Prima Maumere. Jurnal Projemen UNIPA.
Supranto, J, Prof , 2006, ”Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar” Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Supertini, dkk. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyaitas Pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 2 No. 1.
Saputra, S.(2020). Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan, Dan Kepuasan Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Telekomunikasi Gsm Di Batam. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1250-1261
Sugiyono, (2017). Metedologi Kuantitatif, Kualitatif dan Kuantitatif R&D. Bandung Alafabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Alfabeta
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Edisi 4, Yogyakarta: Deepublish.
Tjiptono. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, (2015). Strategi Pemasaran.Penerbit Andi Yogyakarta. h. 289-290.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.